Apa Yang Boleh Diposting di Media Sosial

Kementerian Komunikasi dan Informasi (Keminfo) berdasarkan siaran persnya pada tahun 2014 mengatakan, saat ini setidaknya lebih dari 30 juta pengguna internet di Indonesia adalah anak-anak dan remaja. Sebagai seorang remaja pasti kamu sudah sangat mengenal dengan yang namanya media sosial seperti youtube facebook instagram dan Twitter? Ya itu semua adalah media sosial yang paling banyak digunakan saat ini.

Tapi apakah kamu tahu bagimana cara bersosial media dengan bijak? Pada layanan BK kali ini akan kita bahas kenapa kita perlu menggunakan sosial media dengan bijak. Tapi sebelum lebih lanjut kamu harus tau dulu apa sih tujuan dari layanan BK kali ini. Jadi tujuannya adalah :

  1. Peserta didik mampu mengkategorikan prilaku yang tidak boleh dilakukan saat menggunakan media sosial.
  2. Peserta didik mampu mengkategorikan prilaku yang boleh dilakukan saat menggunakan media sosial.

Internet saat ini sudah sangat jauh berkembang sehingga dapat menjangkau semua belahan bumi. Ditambah dengan sosial media yang memudahkan kita untuk berinteraksi dengan orang lain. Kita bisa membagikan Apa saja yang kita mau hanya dengan satu kali klik. Tetapi tahu kah kamu kalau apapun yang kamu bagikan di internet akan menjadi jejak digital kamu. Kamu tidak akan pernah tahu kemana saja perginya foto yang baru saja kamu bagikan. Bisa saja itu berdampak positif tetapi bisa juga kan itu berdampak negatif?

Saat ini banyak loh perusahaan yang melihat sosial media calon karyawannya sebelum memutuskan untuk menerima mereka. Kamu tidak maukan gagal di terima bekerja hanya karena isi yang kamu tampilkan di sosial media kamu? Nah untuk itulah kamu perlu tahu bagaimana caranya menggunakan sosial media dengan bijak. Orang yang dulunya kecil bisa jadi besar dengan media sosialnya jika ia mampu memanfaatkannya dengan baik. Tapi bisa juga membuat orang yang dulunya terlihat besar bisa jadi kecil karena salah menggunakan media sosialnya.

Bicara di media sosial sama saja dengan bicara di depan banyak orang. Karena setiap apa yang kamu posting di media sosial tidak hanya kamu sendiri yang bisa melihat. Mulai dari teman kamu, saudara kamu, papa mama kamu, guru kamu bahkan calon mertua kamu. Sehingga apa yang kamu tulis di sosial media bisa mempengaruhi bagaimana cara mereka memandang kamu. Kamu akan terlihat besar atau malah mereka akan meremehkan kamu. Semua karena apa yang kamu posting di sosial media kamu.

‘Tapi kok orang pada kepo yah? Itukan Sosial media saya? kok orang pada sewot? terserah saya dong mau posting apa aja!. Kalau suka lihat dan kalau gak suka jangan lihat dong”

Iya sih, itu memang itu sosial media kamu sehingga mau posting apa aja kamu bisa. Tapi kamu seperti pembahasan diatas internet itu luas sampai sudah sampai keseluruh penjuru bumi. Kamu tidak bisa melarang orang untuk melihat dan sewot dengan apa yang kamu tampilkan. Karena itu juga terserah mereka. Suka-suka mereka juga dong mau sewot dan menilai negatif dengan yang ada di sosial media kamu.

Untuk itulah perlu kebijaksanaan dari kamu sendiri dalam menggunakan media sosial dengan pandai memilih mana yang boleh dan tidak boleh kamu posting di media sosial kamu. Kamu harus Berpikir dulu sebelum memposting mana yang boleh di posting dan mana yang jangan di posting. Tapi banyak juga orang yang posting dulu baru berfikir. Setelah rame dan menyerang dirinya sendiri baru deh menyesal.

Nah kembali ke tujuan layanan BK kita tadi tentunya kamu sudah bisa menjawab 2 tujuan layanan tadi. Jadi apa dong kategori yang boleh dan tidak boleh dilakukan di media sosial? Yah jadi kategori prilaku yang boleh dilakukan di media sosial adalah menyebarkan informasi yang positif dan tidak merugikan diri sendiri dan orang lain. Sedangkan kategotri prilaku yang tidak boleh dilakukan adalah sebaliknya yaitu menyebarkan informasi yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.

Jadi kesimpulannya adalah sosial media bisa menjadi positif ataupun negatif adalah tergantung kita bagaimana menggunakannya. Jadi, apa yang kamu pikirkan hari ini?

Share

rothua

Seorang Konselor Sekolah aktif menulis buku menjadi konten kreator di ROTHUA Channel subscribe untuk mendapat informasi kreatif dan menarik lainnya.

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *