Remaja dan Permasalahannya

Saat remaja adalah saat-saat yang penuh warna, tetapi tidak dapat dipungkiri juga kalau masa remaja adalah masa dimana banyak banget gejolak. Kadang mood bisa berubah dengan cepat, sesaat bisa happy banget dan sesaat kemudian bisa bad mood gak karuan. Belum lagi masalah yang sering dialami masa-masa remaja. Namanya aja adalah masa transisi dari masa anak-anak menuju kedewasaan jadi wajar kalau banyak masalah yang akan kamu alami. Nah untuk itu kali ini kita akan membahas remaja dan permasalahannya. Penasaran kan?

Pengertian Remaja

Remaja adalah masa peralihan dari masa anak-anak menuju dewasa. yang mencakup kematangan mental, emosional, sosial dan fisik. Mental adalah tabiat atau watak manusia yang mempengaruhi segala perilaku atau budi pekerti. Emosinal adalah ekspresi emosi Sosial adalah berhubungan dengan masyarakat Fisik adalah Jasmani yang terlihat dengan kasat mata.

Rentang usia remaja itu kira-kira antara usia 10-19 tahun. Dalam rentang ini remaja dapat dikategorikan dalam 3 Fase yaitu remaja awal antara usia 10-14 tahun, remaja pertengahan antara usia 15-16 tahun, dan remaja akhir antara usia 17-19 tahun.

Tentu semua remaja ingin kehidupan berjalan lancar dan bahagia untuk itu semua remaja harus tau tugas-tugas perkembangan yang harus dilalui remaja. Diantaranya adalah memiliki kematangan hidup yang religius dan memiliki kematangan dalam penerimaan diri. Remaja yang banyak mengalami masalah juga dapat mempengaruhi permasalahan dalam penerimaan diri. Untuk itu yuk kita coba bahas apa saja permasalah yang sering dialami remaja masa kini.

Percintaan
Masalah remaja tidak akan pernah lepas dari yang namanya percintaan. Tetapi tidak semua remaja dapat mengalami percintaan yang mulus. Banyak juga diantara mereka yang mengalami dari masalah soal percintaan. Seperti masalah cinta bertepuk sebelah tangan. bagaimana sih rasanya jika kamu suka pada seseorang tetapi orang tersebut tidak memiliki perasaan yang sama seperti kamu. Tentu rasanya seperti dunia mau berakhir. Tapi eeets tunggu… tunggu dulu. Dari sini kamu harus belajar kalau perasaan itu tidak bisa dipaksakan. Bukan berarti jika cinta kamu tidak terbalaskan ada yang salah pada diri kamu. Tetapi kamu harus belajar merelakan dan membuka hati untuk orang lain yang lebih bisa menghargai kamu. Karena itu kamu harus pahami kalau kamu adalah pribadi yang baik kamu akan bertemu dengan pribadi lain yang lebih baik. Tapi aku maunya dia. Eeitsss ingat lagu cinta itu tidak bisa di paksakan.

Penampilan
Kadang bagi sebagian remaja masalah terbesar dalam hidup ini adalah penampilan. Pengen beli baju ini, sepatu itu dan Hape itu untuk mendukung penampilan kamu agar oke. Tetapi sayangnya tidak semua remaja bisa mewujudkan itu semua misalnya karena masalah ekonomi. Tetapi hidup itu bukan hanya tentang penampilankan? Walau penampilannya oke tetapi atitutut nya gak baik enggak bisa menjamin juga kamu bisa diterima banyak orang. Coba deh jangan hanya fokus mengupgrade smartphone kamu tapi juga harus fokus mengugrade kualitas diri kamu. Ingat yah penampilan yang sempurna itu memang penting. Tetapi yang lebih penting lagi adalah bagaimana kamu bisa menjadi sempurna untuk diri kamu sendiri.

Pendidikan
Pendidikan zaman sekarang memang gak semudah zaman papa mama. Kalau dulu belajarnya Cuma disekolah dan dirumah tapi sekarang kamu harus banyak ikut les sana sini agar bisa dapat nilai yang setinggi-tingginya. Aduuh pusing gak sih? Kalau kamu ngangguk-ngangguk tenang kamu enggak sendirian. Memang kadang pendidikan zaman sekarang enggak mudah seperti zaman papa mama. Tapi kamu harus ingat kalau pendidikan zaman sekarang sudah dipermudah dengan teknologi yang canggih. Mau cari apa aja tinggal panggil om google dan enggak berapa lama keluar deh apa yang kamu cari dan kamu inginkan. Dan ada banyak juga cara untuk kamu belajar. Kalau kamu gak tau tinggal ketik-ketik untuk cari tau. Kalau belum ngerti belajar dari yang ahli. Jadi dari pada menjadikan ini sumber masalah lebih baik kamu bersyukur dan terus belajar. Karena kamu harus tau diluar sana masih banyak anak-anak yang pengen punya kesempatan untuk bisa sekolah seperti kamu. Dan bagaimana pun juga kamu harus tau kalau pendidikan adalah hal yang penting. Yang bisa menjadi aset kamu dimasa depan.

Persahabatan
Punya sahabat memang bagus, tetapi persahabatan yang buat kamu tertekan itu enggak bagus. Kadang banyak remaja demi memiliki banyak sahabat rela melakukan hal-hal yang tidak sesuai norma agar diterima dalam lingkungan atau geng yang dibentuk. Sebagai contoh bolos, tauran, merokok agar bisa dibilang anak gaul. Memang sih untuk bisa diterima lingkungan memang gampang-gampang susah kadang kita harus bela-belain untuk merubah diri seperti yang mereka mau dan memaksa agar kita mengikuti aturan yang mereka buat padahal kamu tau itu adalah salah. Kalau sampai itu terjadi katakan tidak karena itu adalah hal yang salah. Karena sahabat yang baik adalah sahabat yang tidak menjerumuskan sahabatnya tetapi mendorong agar sahabatnya bisa menjadi lebih baik. Ingat yah berteman boleh dengan siapa saja tanpa membedakan tetapi kamu harus bijak dalam memilih sahabat apalagi sahabat terdekat dalam hidup kamu. Karena dengan siapa kamu bergaul menentukan kualitas diri kamu.

Percaya diri
Biasanya hal yang paling sering dialami remaja adalah krisis kepercayaan diri. Alias gak pede alias minderan. Jika kamu salah satunya ayo mulai saat ini untuk belajar menjadi percaya diri. Karena PEDE itu penting banget dan merupakan ujung tombak yang dibutuhkan setiap orang baik remaja ataupun ketika kamu dewasa nanti. Tanpa rasa percaya diri mungkin akan ada banyak banget masalah dalam hidup kamu yang akan sulit untuk diatasi. Dan yang harus kamu ingat kepercayaan diri itu bukan bawaan dari lahir tapi kepercayaan diri itu ada karena terus di asa. Sehingga kita, mereka, saya dan kamu bisa dan kita ahirnya percaya akan kemampuan kita. Contohnya saat guru meminta kamu mempersetasikan hasil diskusi belajar kamu didepan kelas saja kamu udah bilang enggak bisa? Gimana kamu tau kamu bisa kalau kamu saja belum pernah mau mencoba. Kamu harus sadar kalau kamu unik, sepesial dan kamu berharga dan kamu tidak ada duanya alias limit edition. Nah untuk itu percalah akan kemampuan diri kamu. Oke…

Share

rothua

Seorang Konselor Sekolah aktif menulis buku menjadi konten kreator di ROTHUA Channel subscribe untuk mendapat informasi kreatif dan menarik lainnya.

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *